Selamat Datang di Record Wisata, Laporan Wisata, Cerita Kita di Blog WISATA SYARTA ALIAS WISATA STEVENLY TAKAPAHA. Asyik...ber-Wisata yuuuk menikmati Keindahan Alam ciptaan Tuhan, menikmati kuliner yang enak-enak dan melestarikan keunikan budaya kita Karena hidup ini Indah dan oleh karena itu setiap tempat adalah objek wisata. Blog ini menampilkan semua objek wisata yang dikunjungi dan dapat diceritakan dan semoga dapat menjadi Referensi Anda. Perhatian: Semua Foto kecuali ditulis sumbernya adalah Dokumentasi Pribadi dan merupakan hak cipta dari Stevenly Takapaha

Ancol Jakarta

Ancol adalah suatu kata yang berasal dari bahasa Sunda. Menurut Kamus Sunda-Inggris A Dictionary of the Sunda Language of Java yang diterbitkan oleh Jonathan Rigg di Batavia pada tahun 1862, kata ancol mengandung arti tanah semenanjung. Orang Sunda dulu menggunakan kata ancol untuk menamai kawasan di sebelah timur kota tua Jakarta. Naskah Kuno Sunda Bujangga Manik menyebutkan wilayah ini saat dia menempuh perjalanan dari pelabuhan Sunda Kalapake Pajajaran.

Letak strategis kawasan ancol rupanya sudah dimanfaatkan jauh sebelum kedatangan VOC, yaitu pada masa agama Islam mulai tersebar di daerah pesisir Kerajaan Sunda. Dalam naskah koleksi Perpustakaa) Nasional koropak nomor 406, yaitu naskah Carita Parahiyangan, Ancol disebut-sebut sebagai salah satu lokasi medan perang disamping Kalapa, Tanjung,Wahanten dan tempat-tempat lainnya pada masa pemerintahan Prabu Surawisesa yang masih memeluk agama Hindu (1521-1535).
Kata ancol juga digunakan untuk menamai suatu kawasan kelurahan di Bandung. Penggunaan kata ancol kemudian berkembang untuk menamai apartemen dan lain-lain.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar