Selamat Datang Kawan di Blog WISATA STEVENLY Ayo kita berwisata bersama menikmati Keindahan Alam ciptaan Tuhan, menikmati kuliner yang enak-enak dan menjaga budaya kita Karena hidup ini Indah dan setiap tempat adalah objek wisata. Blog ini menampilkan semua objek wisata yang dikunjungi dan dapat diceritakan

Monumen Bauksit

Kijang Kota merupakan salah satu kelurahan yang ada di kecamatanBintan Timur, Kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan RiauIndonesia.



BINTAN (HK) - Penambangan bauksit di dareah Kijang telah dimulai sebelum kemerdekaan Indonesia. Belanda merupakan negara pertama kali yang menemukan kandungan bauksit di daerah Kijang pada tahun 1920. Belanda juga merupakan negara pertama yang melakukan penambangan di Kijang.
Di Kota Kijang Kecamatan Bintan Timur terdapat Monumen dan Relief Sejarah Pertambangan Bauksit Kijang yang dibangun oleh PT ANTAM (Persero) Tbk. Disini berdiri patung Pekerja Tambang dan 18 relief yang berisi ilustrasi perjalanan sejarah pertambangan bauksit dari aktivitas penambangan di tahun 1935-2010, hingga memasuki pasca tambang di tahun 2011.


Pada Relief 1 hingga 5 dapat dilihat dimana Belanda memulai melakukan penambangan bauksit. Dimana Belanda memulai dengan melakukan surve ke sejumlah titik dan dilanjutkan dengan membuat sejumlah lubang dan akhirnya melakukan eksplotasi bauksit di kijang.

Dan pada relief ke enam, negara Jepang mengambil alih penambangan bauksit di Kijang dari Belanda. Dan pada rileef ke tujuh mengisahkan tentang perjuangan Trikora dan berlanjut pada rileef ke delapan pengelolaan penambangan di Kijang telah dikelola oleh PT Antam. Berlanjut kepada relief selanjut hingga terakhir hingga pengelolaan paska tambang di Kijang.




Rosi Eko triono selaku Mine Closure Bureau Head PT ANTAM (Persero) Tbk Kijang menyampaikan, Monumen dan Relief Sejarah Pertambangan Bauksit Kijang ini dibangu oleh PT ANTAM (Persero) Tbk pada tahun 2011 lalu dan diresmikan oleh Gubernur Kepri H. Muhammad Sani.

"Monumen dan Relief Sejarah Pertambangan Bauksit Kijang untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang sejarah penambangan bauksit dari masa kemasa di Kijang ini,"terannya sembari menyampaikan, PT ANTAM (Persero) Tbk mulai mengelola bauksit di Kijang sekitar tahun 1968-an dan saat ini melakukan program pasca-tambang.

Source :  (armat juang)

Reaksi: