Selamat Datang di Record Wisata, Laporan Wisata, Cerita Kita di Blog WISATA SYARTA ALIAS WISATA STEVENLY. Asyik...ber-Wisata yuuuk menikmati Keindahan Alam ciptaan Tuhan, menikmati kuliner yang enak-enak dan melestarikan keunikan budaya kita Karena hidup ini Indah dan oleh karena itu setiap tempat adalah objek wisata. Blog ini menampilkan semua objek wisata yang dikunjungi dan dapat diceritakan dan semoga dapat menjadi Referensi Anda. Perhatian: Semua Foto kecuali ditulis sumbernya adalah Dokumentasi Pribadi dan merupakan hak cipta dari Stevenly Takapaha

Misteri di Jembatan Maselihe

Jembatan Maselihe adalah jembatan tertinggi di kepulauan Sangihe propinsi Sulwesi Utara Indonesia. Dari atas jembatan ini dapat dilihat  aliran sungai terasa sangat jauh karena tingginya jembatan ini. Konon jembatan ini menyimpan misteri kerajaan Maselihe yang hilang ditelan laut akibat skandal sang Raja yang bernama  Raja Sjam Sjah Alam (Samansialang) memerintah tahun 1685 – 1711, dengan kursi kerajaan dan Mahkota emas yang dijaga ikan Hiu di Patahan Maselihe .Walaupun telah berakhir Kerajaan ini membentuk suku baru yang dilarang mendiami tanah Sangihe.. Suku tersebut beranama suku bantik.. yang menjadi suku asli Manado. dan telah juga menyebar di beberapa daerah selain Sangihe.

Bantik adalah anak suku Sangihe terbukti  dari jejak Bahasa yang  merupakan dialeg bahasa Sangihe ( Sumber: Wikipedia Bahasa Sangir)

Patahan Maselihe

Di Atas Jembatan Maselihe
Jembatan Maselihe
Tigginya jarak Aliran sungai dari atas jembatan
Versi Bahasa Manado:
Sapa so pernah pigi dijembatan maselihe? Kalo mo pigi kendar dari Tahuna lewat kolongan pasti mo lewat jembatan ini.. jembatan ini dang pe tinggi Skali beking Tako mo Lia dari atas. Tu Kuala dapa Lia jaoh Skali. Ini maselihe memang ada Depe Carita, dulu ada kerajaan yang tenggelam kong Depe kursi emas masih ada di laut maselihe mar ada Depe penunggu ikang hiu disitu jaga jaga.. memang kalo mo menyelam di maselihe beking tako Lei Depe aros Lei pe kuat.

  Kunjungan Serupa :  

Jembatan Barito Banjarmasin Kalimantan 

Jembatan Soekarno Manado

Jembatan Boulevard Muara Towo'e Tahuna


Reaksi: